Mengacu kepada PT Pertamina selaku korporasi dan PT Pertamina Gas selaku induk Perusahaan, PT Perta Arun Gas berkomitmen untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan dan masyarakat. Dengan mensejahterakan manusia, alam, dan lingkungan, maka perusahaan akan mampu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Program CSR & Ruang Lingkup Kegiatan

Energy Kemandirian ( EKA ) merupakan program CSR yang diluncurkan oleh PT Perta Arun Gas untuk menjembatani permasalahan sosial kemasyarakatan di areal lingkungan perusahaan dalam bentuk tanggungjawab yang diamanahkan oleh undang-undang TJSL kepada  setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia, " Energy Kemandirian " yang menitikberatkan pada peningkatan kapasitas community lingkungan perusahaan PT Perta Arun Gas dengan pemberdayaan pada sektor pertanian, peternakan, perikanan, pendidikan, kewirausahaan dan pelatihan untuk meningkatkan SDM masyarakat dilingkungan perusahaan serta program peningkatan kapasitas Mahasiswa Perguruan Tinggi yang berada dilingkungan perusahaan orientasi dan pelaksanaan praktek kuliah nyata bagi para mahasiswa dilaksanakan di kecamatan muara satu dan kecamatan banda sakti kota lhokseumawe.

Komitmen PT Perta Arun Gas dalam melaksanakan TJSL diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR yang meliputi bidang-bidang diatas. Realisasi kegiatan dilaksanakan oleh seluruh unit kerja fungsi CSR PT Perta Arun Gas.

Adapun tujuan program, CSR yang dilaksanakan oleh PAG agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan harapan akan terjadinya peningkatan pada sikap, pengetahuan dan keterampilannya melalui:

Kegiatan pendidikan non formal dengan adanya pelatihan keterampilan bagi masyarakat dibidang pengembangan usaha pertanian, perikanan, dan peternakan, kegiatan pengembangan pertanian sayur dan buah-buahan

Kegiatan pengembangan perikanan melalui teknologi pemeliharaan dan pengolahan hasil perikanan.

Kegiatan pengembangan keterampilan dan kewirausahaan, pelestarian keanekaragaman hayati sebagai sarana edukasi bagi generasi muda yang ada disekitar perusahaan.